Pembinaan Digital Marketing untuk Peningkatan Penjualan UMKM Jajanan Pasar
Today's technology continues to grow and the benefits of using the internet are felt for its users. Digital marketing is a marketing activity or promotion of a brand or product using digital media or the internet. Through digital media, it is now not only used to make friends and social networks but is now also penetrating the business world. With features such as location, for example, consumers can look for product or service references that are close to where they live. The hashtag feature can also be used in promotions on social media so that consumers can easily reach businesses. The purpose of this study in general is to describe the impact of digital marketing on sales volume for MSME owners. This research is a qualitative type, using a triangulation model, which combines the methods of structured interviews, in-depth interviews and observations of MSME owners. From the research results, it is known that digital marketing makes it easier for MSME owners to provide information and interact directly with consumers, expand market share, increase awareness and increase sales for MSME owners. Keywords: Digital Marketing; MSME Development; Marketing Management
Teknologi saat ini terus berkembang dan manfaat penggunaan internet terasa bagi para pemakainya. Pemasaran digital adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Melalui media digital kini tak hanya digunakan untuk berteman dan berjejaring sosial tetapi kini juga merambah dunia bisnis. Dengan fitur seperti lokasi misalnya, konsumen bisa mencari referensi produk atau jasa yang dekat dengan tempat tinggalnya. Fitur hashtag juga bisa digunakan dalam promosi di media sosial agar konsumen bisa dengan mudah menjangkau bisnis. Tujuan program pengabdian pembinaan ini secara umum mendeskripsikan dampak Pemasaran digital terhadap volume penjualan bagi pemilik UMKM. Proses wawancara terhadap UKM ini berjenis pengumpulan data kualitatif, dengan menggunakan model triangulasi, yang menggabungkan metode wawancara terstruktur, wawancara mendalam dan observasi terhadap pemilik UMKM. Dari wawancara diketahui bahwa pemasaran digital memudahkan pemilik UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi pemilik UMKM. Kata Kunci: Pemasaran Digital; Pengembangan UMKM; Manajemen Pemasaran
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
- |
Pengarang |
Vivian Zulfa Atina - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
808.89 |
Subyek |
Vivian Zulfa Atina
|
Klasifikasi |
808 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Padma Sri Kreshna Mataram |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
Mataram, Indonesia |
Deskripsi Fisik |
- |
Info Detil Spesifik |
Padma Sri Kreshna Vol. 3 No. 2 2021 |
Citation
. (2021).Pembinaan Digital Marketing untuk Peningkatan Penjualan UMKM Jajanan Pasar.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd