PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA UMKM BIDANG KULINER)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan keterlibatan konsumen terhadap keputusan pembelian secara online pada UMKM bidang kuliner di grup facebook “Kuliner Kota Balonggandu, Jatisari, Cikalong, Jatiragas”. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan sumber data primer. Populasi merupakan anggota grup facebook “Kuliner Kota Balonggandu, Jatisari, Cikalong, Jatiragas” yang pernah melakukan transaksi pembelian dengan penjual didalamnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan memberikan pernyataan kepada responden secara online dengan sampel sebanyak 100 orang. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis jalur dengan menggunakan SPSS 22. Dari hasil penelitian ini diperoleh variabel social media marketing (X1) dan variabel keterlibatan konsumen (X2) berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel keputusan pembelian secara online (Y).
Kata Kunci: Keputusan Pembelian Secara Online, Social Media Marketing, Keterlibatan Konsumen.
This study aims to determine the effect of social media marketing and consumer engagement on online purchasing decisions for SMEs in the culinary field in the facebook group “Kuliner Kota Balonggandu, Jatisari, Cikalong, Jatiragas”. The research was conducted quantitatively with primary data sources. The population is a member of the facebook group “Kuliner Kota Balonggandu, Jatisari, Cikalong, Jatiragas” who have made a purchase transaction with the seller in it. Data collection techniques were carried out by questionnaires by giving statements to respondents online with a sample of 100 people. The data obtained were then analyzed using path analysis techniques using SPSS 22. From the results of this study, it was obtained that social media marketing (X1) and consumer engagement (X2) had a positive and significant effect both partially and simultaneously on online purchasing decision (Y).
Keywords: Online Purchasing Decisions, Social Media Marketing, Consumer Engagement
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
- |
Pengarang |
Lilis Nurmala Sari - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
808.63 |
Subyek |
Lilis Nurmala Sari
|
Klasifikasi |
808 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasaman Simpang Empat |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
Pasaman Barat |
Deskripsi Fisik |
- |
Info Detil Spesifik |
Vol. 9 No. 3 2021 |
Citation
. (2021).PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA UMKM BIDANG KULINER).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd