Detail Cantuman

PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA UMKM BIDANG KULINER)

PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA UMKM BIDANG KULINER)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan keterlibatan konsumen terhadap keputusan pembelian secara online pada UMKM bidang kuliner di grup facebook “Kuliner Kota Balonggandu, Jatisari, Cikalong, Jatiragas”. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan sumber data primer. Populasi merupakan anggota grup facebook “Kuliner Kota Balonggandu, Jatisari, Cikalong, Jatiragas” yang pernah melakukan transaksi pembelian dengan penjual didalamnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan memberikan pernyataan kepada responden secara online dengan sampel sebanyak 100 orang. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis jalur dengan menggunakan SPSS 22. Dari hasil penelitian ini diperoleh variabel social media marketing (X1) dan variabel keterlibatan konsumen (X2) berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel keputusan pembelian secara online (Y).
Kata Kunci: Keputusan Pembelian Secara Online, Social Media Marketing, Keterlibatan Konsumen.

This study aims to determine the effect of social media marketing and consumer engagement on online purchasing decisions for SMEs in the culinary field in the facebook group “Kuliner Kota Balonggandu, Jatisari, Cikalong, Jatiragas”. The research was conducted quantitatively with primary data sources. The population is a member of the facebook group “Kuliner Kota Balonggandu, Jatisari, Cikalong, Jatiragas” who have made a purchase transaction with the seller in it. Data collection techniques were carried out by questionnaires by giving statements to respondents online with a sample of 100 people. The data obtained were then analyzed using path analysis techniques using SPSS 22. From the results of this study, it was obtained that social media marketing (X1) and consumer engagement (X2) had a positive and significant effect both partially and simultaneously on online purchasing decision (Y).
Keywords: Online Purchasing Decisions, Social Media Marketing, Consumer Engagement


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab -
Pengarang Lilis Nurmala Sari - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil 808.63
Subyek Lilis Nurmala Sari
Klasifikasi 808
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasaman Simpang Empat
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit Pasaman Barat
Deskripsi Fisik -
Info Detil Spesifik Vol. 9 No. 3 2021

  Tags :
Lilis Nurmala Sari

Citation

. (2021).PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA UMKM BIDANG KULINER).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To  :REPOSITORY ITS KHATULISTIWAOnline Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository ITS Khatulistiwa Official
Youtube Repository ITS Khatulistiwa Official
Instagram Repository ITS Khatulistiwa Official

Alamat Pustakawan STIE Pasaman

Kampus 1 :
- Jalan Pujarahayu, Kecamatan Luhak Nan Duo, Koto Baru, Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat 26566
- Jl. Prof. M. Yamin,SH. N0. 1 Telp/Fax. (0753) 20142 Lubuk Sikaping - Kabupaten Pasaman
Kampus 2 :
Komplek Perguruan Muhammadiyah, Jorong Taluak Ambun, Ujung Gading, Kc. Lembah Melintang

Telp/WA: +62 811-6621-184
Email: admin@stiepasaman.ac.id