PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ES DAWET AYU Dl KECAMATAN PASAMAN
Kepuasan Pelanggan merupakan variabel kunci dalam menghasilkan pelanggan yang banyak. Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas produk, dan pelayanan prima. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana pengaruh kualitas produk dan pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan es dawet ayu di Kecamatan Pasamam Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang meminum es dawet ayu di kecamatan Pasaman, teknik menentukan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode Sugiyono (2009), karenajumlah sampel tidak diketahui maka penulis mengambil sampel 100 orang yang menggunakan dan yang mengetahui mengenai es dawet ayu untuk dijadikan sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur variabel penelitian yang dikuantifisir dengan skala likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan es dawet ayu di Kecamatan Pasaman dengan nilai koefesien regresi 6,951 dan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan pelayanan prima berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefesien sebesar 2,762 dan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Bila diuji secara simultan, kedua variabel ini berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) dan nilai koefesien determinasi sebesar 91% dan sisanya sebesar 9% lagi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata kunci : Kualitas Produk, Pelayanan Prima, dan Kepuasan Pelanggan
Customer Satisfaction is a key variable in generating many customers. Among the factors that affect customer satisfaction are product quality, and excellent service. This study aims to analyze how the influence ofproduct quality and excellent service to customer satisfaction ice dawet ayu in Pasaman District. The population ofthis study is all customers who drink ice dawet ayu in Pasaman subdistrict, the technique of determining the sample using non probability sampling with Sugiyono method (2009), because the number of samples is not known then the authors take a sample of 100 people who use and who knows about ice dawet ayu to be sampled. Data were collected through a questionnaire to measure the research variables quantified by Likert scale. The result of analysis shows that product quality has positive and significant effect to customer satisfaction of dawet ice in Pasaman District with regression coefficient value 6,951 and significant value (xo, 05), product quality have positive and significant effect to customer satisfaction and excellent service have positive and significant to customer satisfaction with coefficient value of 2,762 and significance value 0,000 (<0,05). When tested simultaneously, both of these variables significantly influence customer satisfaction with a significance value of 0.000 ( 0.05) and coefficient determination value of and the remaining 9% again influenced by other variables not examined in this study.
Keywords: Product Quality, Excellent Service, and Customer Satisfaction
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
- |
Pengarang |
Zulkifli - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
808.35 |
Subyek |
Zulkifli
|
Klasifikasi |
808 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasaman |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
Pasaman Barat |
Deskripsi Fisik |
- |
Info Detil Spesifik |
- |
Citation
. (2018).PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ES DAWET AYU Dl KECAMATAN PASAMAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd