PENGARUH PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA DAN REVIEW PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( STUDI PADA MAHASISWA STIE PASAMAN ) : THE INFLUENCE OF PROMOTION THROUGH SOCIAL MEDIA AND PRODUCT REVIEW ON THE MARKETPLACE SHOPEE ON PURCHASE DECISIONS (STUDIES ON STIE PASAMAN STUDENTS)
Fenomena belanja online akan semakin pesat pertumbuhannya dan menjadi pilihan bagi sebagian besar orang dikarenakan belanja melalui dunia maya dapat menghemat waktu tanpa perlu mengunjungi lokasi perbelanjaan. Masyarakat tidak perlu bersusah payah pergi keluar dari rumah, berpanas-panasan, mengalami kemacetan lalu lintas hingga mengantri untuk membayar demi membeli satu set baju keluaran terbaru merek ternama, kini obline shop memanjakan masyarakat dengan menghemat eneri meraka barang sampai ditempat tujuan hanya dengan duduk manis didepan gadget-gadget yang Anda miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh promosi melalui sosial media terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa STIE Pasaman. (2) pengaruh review produk terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa STIE Pasaman. (3) pengaruh promosi melalui sosial media dan review produk terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa STIE Pasaman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Pasaman. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu sampling accidental dan jumlah sampel 100 responden. Penlitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen ( Y ) dari penelitian ini adalah keputusan pembelian. Variabel independen ( X) berupa promosi melalui sosial media dan review produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Ada pengaruh signifikan antara promosi melalui sosial media terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa STIE Pasaman. (2) Ada pengaruh signifikan anatar pengaruh review produk terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa STIE Pasaman. (3) Ada pengaruh signifikan antara promosi melalui sosial media dan review produk terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa STIE Pasaman.
Kata kunci : Promosi sosial media, review produk, keputusan pembelian.
The phenomenon of online shopping will grow rapidly and become an option for most people because shopping through cyberspace can save time without the need to visit shopping locations. People don't have to bother going out of the house, heating up, experiencing traffic jams and queuing to pay to buy a set of the latest brand-name clothes, now online shops spoil the public by saving their energy on goods to their destination just by sitting in front of gadgets that you have. This study aims to determine (1) the effect of promotion through social media on purchasing decisions in STIE Pasaman students. (2) the effect of product reviews on purchasing decisions on STIE Pasaman students. (3) the effect of promotion through social media and product reviews on purchasing decisions of STIE Pasaman students. The population is all students of STIE Pasaman. The sampling technique used non-probability sampling techniques, namely accidental sampling and a sample size of 100 respondents. This research is a quantitative research. The variables in this study used two variables, namely the dependent variable and the independent variable. The dependent variable (Y) of this study is the purchase decision. The independent variable (X) is in the form of promotion through social media and product reviews. The results of this study indicate that: (1) There is a significant influence between promotion through social media on purchasing decisions among STIE Pasaman students. (2) There is a significant influence between the effect of product reviews on purchasing decisions on STIE Pasaman students. (3) There is a significant influence between promotion through social media and product reviews on purchasing decisions of STIE Pasaman students.
Keywords: Social media promotion, product reviews, purchasing decisions
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
- |
Pengarang |
Eko Putra - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
808.199 |
Subyek |
Eko Putra
|
Klasifikasi |
808 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasaman Simpang Empat |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
Pasaman Barat |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
e-jurnal Apresiasi Ekonomi volume. 8. No. 3 Tahun 2020 |
Citation
. (2020).PENGARUH PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA DAN REVIEW PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( STUDI PADA MAHASISWA STIE PASAMAN ) : THE INFLUENCE OF PROMOTION THROUGH SOCIAL MEDIA AND PRODUCT REVIEW ON THE MARKETPLACE SHOPEE ON PURCHASE DECISIONS (STUDIES ON STIE PASAMAN STUDENTS).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd