Pengaruh Modal Pemasaran Digital Terhadap Pendapatan UMKM di Pasaman Barat ( Studi Kasus Pada UMKM di Kecamatan Pasaman )
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Modal Dan
Pemasaran Digital Terhadap Pendapatan UMKM Di Pasaman Barat (Studi Kasus Pada UMKM Di Kecamatan Pasaman). Populasinya adalah seluruh UMKM yang ada di Kecamatan Pasaman yang berjumlah 74 orang atau responden, dengan menggunakan rumus Tabachnick and Fidell. Cara pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling yaitu dengan teknik accidental sampling (penentuan berdasarkan secara kebetulan). Pengukuran variabel menggunakan skala likert, penelitian ini termasuk kedalam penelitian bersifat asosiatif. Dan dijelaskan bahwa variabel Modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan UMKM di Kecamatan Pasaman dengan koefisien regresi 0.338 dengan nilai signifikan 0.003 ( < 0.05) maka Hipotesis Pertama diterima. Variabel Pemasaran Digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan UMKM di Kecamatan Pasaman dengan nilai koefisien regresi 0.410 dengan nilai signifikan 0.001 ( < 0.05) maka Hipotesis Kedua diterima. Variabel independen secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan UMKM di Kecamatan Pasaman dengan koefisien regresi 20.244 dengan nilai signifikan 0.000 ( < 0.05) Hipotesis ketiga diterima juga. Nilai koefisien determinasi menunjukkan 36,3%. Dan sisanya sebesar 63,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam pengujian ini. Hasil dari TCR Pendapatan UMKM memiliki rata-rata skor sebesar 3.88 atau 77.6 % responden masuk dalam kategori Cukup baik. Variabel Modal memiliki rata-rata skor sebesar 3.90 atau 78.05 % responden masuk dalam kategori Cukup baik dan variabel Pemasaran Digital memiliki rata-rata skor sebesar 3.69 atau 73,91 % masuk dalam kategori Cukup baik.
Kata Kunci : Pendapatan UMKM, Modal Dan Pemasaran DigitaL
This study aims to determine the effect of capital and digital marketing on UMKM income in Pasaman Barat (Case Study of UMKM in Pasaman District). The population is all UMKM in Pasaman District, totaling 74 people or respondents, using the Tabachnick and Fidellformula. The method oftaking samples using Non Probability Sampling is by accidental sampling technique (determination based on coincidence). Variable measurement using a Likert scale, this research is included in associative research. And explained that the variable Capital has a positive and significant effect on UMKM income in Pasaman District with a regression coefficient of 0.338 with a significant value of 0.003 (
Fairly good category. The Capital variable has an average score of 3.90 or 78.05% of respondents in the Fairly good category and the Digital Marketing variable has an average score of3.69 or 73.91% in the Fairly good category.
Keywords: UMKMIncome, Capital and Digüal Marketing.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Nur Islami Hasanah - Personal Name
|
Edisi |
|
No. Panggil |
808.198 |
Subyek |
Nur Islami Hasanah
|
Klasifikasi |
808 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
Pasaman Barat |
Deskripsi Fisik |
- |
Info Detil Spesifik |
Skripsi Tahun 2023 |
Citation
. (2023).Pengaruh Modal Pemasaran Digital Terhadap Pendapatan UMKM di Pasaman Barat ( Studi Kasus Pada UMKM di Kecamatan Pasaman ).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd