PENGARUH GAYA HIDUP, IKLAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI SHOPEE, INFLUENCE OF LIFESTYLE, ADVERTISING AND PRICES ON ONLINE PURCHASE DECISIONS THROUGH SHOPEE
Perkembangan Teknologi Digital telah melahirkan konsep e-commerce yang diikuti dengan perubahan perilaku konsumen dimana fenomena yang paling menonjol saat ini adalah perilaku belanja online. Perkembangan ini diikuti dengan berdirinya sejumlah lapak online yang salah satunya tergolong cukup menonjol adalah Shopee. Diantara variabel yang diduga erat kaitannya dengan perilaku belanja online adalah gaya hidup, iklan dan harga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel ini terhadap keputusan pembelian online melalui Shopee. Penelitian dilakukan terhadap 100 orang civitas akademika STIE Pasaman yang menjadi konsumen Shopee. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner yang diukur dengan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan semua variabel ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui Shopee dimana kontribusinya mencapai 67%. Temuan ini merekomendasikan kepada pengelola Lapak Online agar senantiasa mengikuti perkembangan gaya hidup konsumen, memaksimalkan periklanan dan penetapan harga yang lebih baik.
Kata kunci : Gaya hidup, iklan, harga dan keputusan pembelian.
The advancement of digital technology has created the e-commerce concept which is followed by changes in consumer behavior where the most prominent phenomenon is online shopping behavior. This trend was followed by the establishment of a number of online stalls, one of which is quite prominent is Shopee. Among the variables that are thought to be closely related to online shopping behavior are lifestyle, advertisements and prices. This research was conducted to determine the effect of these variables on online purchasing decisions through Shopee. The research was conducted on 100 academicians of STIE Pasaman who are Shopee consumers. Data obtained by distributing questionnaires measured by a Likert scale. The results showed that all of these variables had a positive and significant effect on online purchasing decisions through Shopee where their contribution reached 67%. These findings recommend online managers to keep abreast of consumer lifestyles, maximize advertising and better pricing.
Keywords: Lifestyle, advertising, price and purchase decisions.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
- |
Pengarang |
Erdawati - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
808.192 |
Subyek |
Erdawati
|
Klasifikasi |
808 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasaman Simpang Empat |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
Pasaman Barat |
Deskripsi Fisik |
- |
Info Detil Spesifik |
e-jurnal Apresiasi Ekonomi volume. 8. No. 3 Tahun 2020 |
Citation
. (2020).PENGARUH GAYA HIDUP, IKLAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI SHOPEE, INFLUENCE OF LIFESTYLE, ADVERTISING AND PRICES ON ONLINE PURCHASE DECISIONS THROUGH SHOPEE.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd